ARSIP BLOG

Manfaat Warna Makanan Untuk Kesehatan

Posted by Bhernadin Erryco on Rabu, 29 Agustus 2012

[UNIKNYA.COM]:Warna adalah spectrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna. Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru yang memiliki panjang gelombang 460 nm. Panjang gelombang warna yang masih ditangkap oleh mata manusia berkisar antara 380 hingga 789 nm. Dalam peralatan optikm warna bisa pula berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya, yaitu merah, hijau, dan biru yang digabungkan dalam komposisi tertentu. Misalnya pencampuran 100% merah, 0% hijau dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi warna magneta.
Warna ternyata juga memiliki peran sangat penting dalam makanan. Selain akan memunculkan daya tarik dan menggugah selera, komposisi warna pada beragam jenis makanan yang dikonsumsi juga merupakan indicator alami nutrisi atau kandungan gizi dalam makanan tersebut. Siapa yang menyangka jika warna berbeda pada makanan ternyata memiliki kandungan gizi serta manfaat yang berbeda pula bagi tubuh. Bahkan menurut penulis buku What Color Your Diet, dokter David Heber, warna makanan yang dikonsumsi seseorang ternyata berpengaruh pada keberhasilan dietnya. Ditengarai, semakin nyata warna pada makanan, maka semakin tinggi kandungan nutrisinya. Berikut ini, manfaat warna pada makanan terhadap kesehatan manusia:

1.   Hijau

Buah dan sayur yang berwarna hijau mengandung sulfarophane, isothiocyanate dan indoles. Semuanya itu berfungsi merangsang level pembuatan komponen yang dapat memecah unsure kimiawi penyebab kanker. Semakin gelap warna hijau pada sayuran, makin banyak klorofil yang dikandungnya dan semakin besar pula kebutuhan untuk perlindungan antioksidan. Contoh sayuran yang berwarna hijau yang memiliki manfaat tinggi bagi kesehatan tubuh di antaranya, brokoli, selada, bayam, pok choi, dan teh hijau.
Menurut penelitian, teh hijau dapat memberikan dorongan pada metabolism tubuh karena mengandung polyphenol dan kafein yang bersatu membuka proses pembakaran lemak pada nilai control yang berbeda. Untuk sayuran bayam, menurut penelitian di Rutgers University, hormone yang ditemukan pada sayuran ini dapat membantu membangun dan memperbaiki otot dengan meningkatkan sintesis protein. Sementara pada sayuran brokoli, diketahui dapat mencegah kanker serta mengandung vitamin C dan K.
Untuk buah-buahan yang berwarna hijau seperti alpukat, mengandung lemak tak jenuh tunggal, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menaikan kadar kolesterol baik atau HDL, tanpa meningktkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Buah hijau lain yang bermanfaat bagi jantung adalah kiwi. Ada yang berspekulasi jika manfaat buah ini untuk jantung berasal dari aktivitas antioksidan dan kandungan lutein yang tinggi serta banyak memiliki vitamin C. Sementara untuk buah apel hijau, menurut penelitian bisa mencegah stroke. Peningkatan 25 gr buah-buahan setiap hari, yaitu sekitar 120 gr apel hijau dikaitkan dengan 9% penurunan stroke.


2.   Merah
Sayuran, buah-buahan, serta bahan makanan berwarna merah mengandung banyak pigmen yang berguna melawan penyakit dan likopen atau zat yang berperan menjaga kesehatan sel serta mampu mengurangi resiko kanker. Buah-buahan yang masuk kategori ini di antaranya tomat, stroberi, semangka, apel merah, cranberry, cherry, anggur, but, serta paprika merah, sedangkan yang mengandung oksidan paling tinggi adalah stroberi, cranberi, cheri, anggur merah, bit, dan paprika merah.
Selain buah-buahan tersebut, masih banyak sayuran atau bahan makanan berwarna merah yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya beras merah. Beras yang kerap digunakan sebagai pengganti nasi putih ini sering dikaitkan dengan trend gaya hidup sehat. Pandangan tersebut memang tidak salah karena kandungan gizi beras merah memang patut diunggulkan. Seperti kandungan utama pada semua jenis beras, yaitu vitamin B1, B6, dan B12, ternyata kadar yang lebih tinggi ada pada beras merah.
Selain memiliki kadar serat yang lebih tinggi, sehingga cocok untuk mereka yang menjalani program diet, beras merah juga menjadi bahan makanan sumber mineral magnesium yang memiliki kemampuan untuk menurunkan keakutan dari asma, darah tinggi, menurunkan frekuensi migraine serta menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, magnesium yang dikandung beras merah juga mampu menjaga kesehatan tulang manusia.

3.   Orange dan Kuning
Sebenarnya banyak yang sudah mengetahui jika makanan dan buah-buahan yang berwarna kuning dan orange memiliki kandungan vitamin yang tinggi serta baik untuk kesehatan tubuh. Ubi jalar, jeruk squah, wortel, blewah labu, persik, mangga, apricot, dan pepaya adalah sebagian contoh buah dan sayuran yang berwarna orange. Setiap porsi dari buah dan sayuran tersebut memberi banyak beta karoten yang dapa menyehatkan tubuh dan alpha karoten yang efektif melawan kanker, sedangkan setengah mangkuk dari buah dan sayuran yang berwarna orange tersebut dapat mencukupi kebutuhan vitamin c dalam tubuh.
Sementara itu, warna kuning sayuran dan buah-buahan menandakan kandungan vitamin c yang cukup banyak. Tak heran jika warna kuning menjadi identitas untuk vitamin C yang sangat diperlukan untuk melindungi sel tubuh. Vitamin C mengandung potassium yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri serta sebagai pencahar alami.
Meski sudah banyak yang mengetahui , tetapi tak ada salahnya sedikit mengulas tentang manfaat vitamin C bagi tubuh. Vitamin C merupakan senyawa penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh kita dapat menurun saat kita banyak beraktivitas tanpa disertai pola makan yang sehat dan teratur. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah vitamin C. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga dapat memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas.

4.   Ungu
Contoh sayuran dan buah yang berwarna biru dan ungu adalah terong, kismis, dan anggur. Kandungan magnesium pada anggur dan kismis sangat diperlukan untuk pergerakan feses yang baik. Kulit anggur juga merupakan pencahar atau laksatif yang baik karena mengandung air yang cukup tinggi, sehingga dapat menambah cairan yang diperlukan tubuh, sedangkan terong dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam empedu di dalam usus serta mengantarkannya ke luar tubuh. Selain itu terong juga mengandung pectin penurun kolesterol dalam jumlah yang cukup banyak.
Warna ungu pada buah dan sayur juga menanadakan jumlah antioksidan yang semakin tinggi. Perlu diketahui, antioksidan dalam bahan makanan berwarna ungu dapat mencegah kerusakan sel serta membuat seseorang terlihat lebih muda. Selain itu, banyak penelitian yang menyebutkan buah dan sayur berwarna ungu memiliki manfaat bagi penurunan resiko tekanan darah tinggi dan tingkat kolesterol karena kandungan senyawa anthycyanin.
Kendati demikian, berdasarkan data National Health and Nutrition Examination Study menyebutkan, mengonsumsi buah dan sayur berwarna ungu secara berlebihan justru akan menambah bobot tubuh. Pasalnya, buah berwarna ungu memiliki kandungan gula yang melimpah.

5.   Putih
Sayuran dan buah berwarna putih tampaknya kurang populer di masyarakat. Padahal, sayuran dan buah berwarna putih memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh dan tak kalah dari sayuran berwarna hijau. Oleh karena itu, pola pikir yang menyebutkan makanan berwarna putih kurang lezat harus diubah. Banyak manfaat bagi tubuh yang bisa diambil dari sayuran dan buah-buahan tersebut.
Pisang, jamur, kentang, kembang kol, lobak, tahu, bawang putih, keju rendah lemak, yogurt, dan susu adalah contoh makanan berwarna putih yang banyak mengandung flavonoid. Kandungan tersebut dapat membantu membran sel. Susu rendah lemak juga dapat membantu daya kerja jantung, sedangkan kalsiumnya bermanfaat membangun lemak dan menurunkan berat badan.
Banyak orang yang salah mengartikan bahwa karena berwarna putih, maka bahan makanan atau buah dan sayuran tersebut tak memiliki zat pigmen. Padahal, makanan ini tetap memiliki zat pigmen yang berwarna putih, biasanya sayuran yang berwarna putih mengandung anthoxanthins, sebuah senyawa kimiawi yang dapat membuat jantung menjadi lebih sehat dengan cara menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Sumber











{ 0 comments... read them below or add one }

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih