ARSIP BLOG

Lapisan Atmosfer Bumi (Geografi)

Posted by Bhernadin Erryco on Jumat, 12 Oktober 2012


Ketika kita ingin membayangkan lapisan atmosfer itu seperti apa maka bayangkanlah lapisan udara yang menyelimuti bumi. Lapisan udara itu seperti kue lapis yang berlapis-lapis dengan karakter tersendiri. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya:

Apasih atmosfer itu?
Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi secara menyeluruh dengan ketebalan lebih dari 650 km. Gerakan udara dalam atmosfer terjadi terutama karena adanya pengaruh pemanasan sinar matahari serta perputaran bumi. Perputaran bumi ini akan mengakibatkan bergeraknya masa udara, sehingga terjadilah perbedaan tekanan udara di berbagai tempat di dalam atmosfer yang dapat menimbulkan arus angin.

Seperti apa lapisannya?
Lapisan atmosfer dibedakan berdaasarka karakteristiknya, misal: temperatur, peranyya serta kandungannya. Apa bisa dilihat lapisa itu? Jawabnya adalah tidak. Karena sesuai sifat atmosfer bahwa tidak dapat dilihat dan tidak berwarna.Nah, lapisannya seperti berikut ini:
Troposfer
Lapisan ini merupakan lapisan yang paling bawah, berada antara permukaan bumi sampai pada ketinggian 8 km pada posisi kutub dan 18 – 19 km pada daerah ekuator. Pada lapisan ini suhu udara akan menurun dengan bertambahnya ketinggian. Di lapisan inilah terbentuknya awan, jatuhnya hujan, salju, hujan es dan lain-lain.
Stratosfer
Merupakan bagian atmosfer yang berada di atas lapisan troposfer sampai pada ketinggian 50 – 60 km. Pada lapisan stratosfer, suhu akan semakin meningkat dengan meningkatnya ketinggian. Suhu pada bagian atas stratosfer hampir sama dengan suhu pada permukaan bumi. Ciri penting dari lapisan stratosfer adalah keberadaan lapisan ozon yang berguna untuk menyerap radiasi ultraviolet, sehingga sebagian besar tidak akan mencapai permukaan bumi.
Mesosfer
Mesosfer terletak di atas stratosfer pada ketinggian 50 – 70 km. Suhu di lapisan ini akan menurun seiring dengan meningkatnya ketinggian.  Pada lapisan ini meteor terbakar.
Termosfer
Berada di atas mesopouse dengan ketinggian sekitar 75 km sampai pada ketinggian sekitar 650 km. Pada lapisan ini, gas-gas akan terionisasi, oleh karenanya lapisan ini sering juda disebut lapisan ionosfer. Lapisan ini merupakan tempat dipantulkannya gelombang radio.
Ekosfer atau atmosfer luar
Merupakan lapisan terluar yang merupakan batas palin luar dengan angkasa luar yang tak terbatas. Pada lapisan ini tempat satelit mengorbit.

Apasih manfaat atmosfer?
Setiap segala sesuatau yang diciptakan pastilah ada manfaatnya. Begitupula lapisan atmosfer ini. Beberapa manfaat atmosfer yaitu:
a. Mengurangi radiasi matahari yang sampai ke permukaan bumi pada siang hari dan hilangnya panas yang berlebihan pada malam hari.
b.      Mendistribusikan air ke berbagai wilayah permukaan bumi
c.       Menyediakan okisgen dan karbon dioksida.
d.      Sebagai penahan meteor yang akan jatuh ke bumi.
 

{ 1 comments... read them below or add one }

Miz Tia mengatakan... Reply Comment

coba kalo gambarnya berwarna pasti tampak buminya yang cantik
hehe.

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih