ARSIP BLOG

Negara Kuliner Di Dunia

Posted by on Selasa, 09 Oktober 2012

 1.Yunani

Makanan Yunani memang belum familiar di Indonesia, tapi makanan Italia dengan pasta dan tomatnya tidak asing dengan lidah kita. Begitu juga dengan makanan Turki yang mirip-mirip makanan Arab dengan daging, lemak, dan rempahnya yang berani. Makanan Yunani dengan pengaruh Italia adalah pastitsio. Makanan ini menggunakan pasta makaroni.
Dengan cita rasa asli Yunani yang sederhana, Italia dengan tomat dan pasta, Mediterania dengan olive oil, Turki dengan dagingnya, dan Arab dengan rempah-rempahnya yang berani membuat masakan Yunani kaya cita rasa.

2.Meksiko

Bisa dibilang, makanan Meksiko tidak tercampur dengan cita rasa makanan lain kecuali daerah sekitar Amerika karena makanan-makanan Meksiko sudah ada sejak ribuan tahun dibawa oleh Suku Indian Inka dan Aztek, kemudian dimoderinisasi.

Contoh masakan Meksiko adalah pambazo, flautas, champurrado, dan dulce de leche. Buat yang merasa jagoan, ada menu khusus nih! Namanya chapulines.

3.India

India terdapat di berbagai belahan dunia. Meski orang Indonesia, makan makanan India tetap harus berhati-hati atau rempahnya yang kuat bikin kaget! Tapi yang pasti Anda sudah sangat familiar dengan kari, roti cane, nasi biryani, dan martabak.

4.China

Di setiap sudut negara, pasti ada yang namanya makanan China. makanan China dibagi menjadi empat macam dan kemudian dibagi lagi menjadi delapan. Keempat kategori makanan China yaitu Kanton yang ada di Provinsi Guangdong, China Selatan.

Makanan Guangdong memang paling terkenal termasuk di Indonesia karena orang Kanton banyak yang merantau. Kalian pasti tidak asing dengan telur asin, kan? Ya, makanan ini adalah makanan asli Guangdong yang disebut Ham Aap Dam.

5.Korea

Berita baik untuk para penggemar K-Drama! Enggak salah memang, berkat K-Drama dan boyband-nya, kebudayaan Korea semakin terkenal, bahkan mulai menggeser Jepang. Korea mulai dilirik sebagai kiblat fashion dan pariwisata baru.

Tahu Bibimbap? Ya, makanan Korea ini memang terkenal. Tapi dulu, Bibimbap hanya boleh dimakan oleh keluarga kerajaan. Sama juga seperti guksu, mie asli Korea yang mirip bihun tapi lebih tebal.

Guksu ini nanti diolah menjadi macam-macam makanan, contohnya Japachae, memil guksu, dan jjolmeyon. Kalau dilihat dari gambarnya, enak tuh dimakan pas musim dingin.

6.Italia

Siapa yang enggak kenal pasta? spageti? makaroni? lasagna? Atau jenis lain macam pizza? Bisa dibilang makanan Italia adalah makanan Eropa yang paling Indonesia. Mulai dari yang paling mahal hingga yang paling murah, makanan Italia bisa ditemukan dimana-mana.

7.Indonesia
 

Masalah cita rasa, beragam banget, kan! Seperti daerah Sumatera, Bali, Nusa Tenggara dan Sulawesi yang pedas, lalu daerah Jawa yang manis, dan Sunda yang natural.

Tapi tidak bisa dipungkiri, makanan Indonesia sangat dipengaruhi oleh India, Arab, Cina, dan barat, tergantung daerah. Sumatera memiliki ciri Arab dan India seperti makanan Melayu lain dengan kari, lemak, dan rempahnya.

Mungkin pembahasan makanan Indonesia tidak perlu terlalu detail, karena kalau enggak ngerti tentang makanan ini, sungguh terlalu. Cintailah makanan Indonesia.

{ 1 comments... read them below or add one }

Motamatika mengatakan... Reply Comment

Lidah orang Indonesia sangat beragam sehingga cita rasa tiap makanan khas juga berbeda.
Mantab..

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih