ARSIP BLOG

Tips Jual Beli Online Secara Aman

Posted by Bhernadin Erryco on Jumat, 12 Oktober 2012


Di-era teknologi  seperti sekarang ini transaksi online menjadi aktivitas yang sering dilakukan.  Hal ini didukung pula oleh semakin menjamurnya jasa penyedia jul beli online yang dijadikan forum untuk melakukan transaksi jual beli. Akhir-akhir ini penipuan melalui jual beli online juga semakin marak, mulai dari jenis barang yang tidak sesuai dengan penawaran hingga penggelapan dana yang telah ditransfer. Beberapa tips aman dalam transaksi jual beli onlie diantaranya:

Pilih forum jual beli yang terpercaya
Kini forum jual beli menjamur di dunia maya, banyak sekali forum yang menyediakan faslilitas untuk transaksi jual beli secara online. Dalam memilih forum jual beli hendaknya yang memiliki track record yang baik. Hindari forum jual beli melalui jejaring social, karena jejaring social mudah sekali dibuat dengan sebuah nama palsu yang rentan terhadap penipuan.

Pilih verified member
Dibeberapa forum jual beli terdapat istilah verified member atau member yang terverifikasi dalam forum tersebut. Pada member tipe ini biasanya bisa dipercaya karena datanya telah terverifikasi dalam forum. Sehingga ketika melakukan penipuan bisa segera dilacak.

Hindari bayar di muka
Dalam transaksi online biasanya ada penjual yang mensyaratkan nominal tertentu untuk uang muka dan pelunasannya setelah barang sampai. Ketika dihadapkan pada kondisi demikian jangan mentransfer sejumlah uang tertentu pada penjual yang tidak terpercaya apalagi tidak diketahui track record penjualnya karena hal ini akan beresiko terhadap tindak kejahatan.

Ketahui alamat lengkap penjual
Alamat lengkap penjual merupakan hal yang penting karena hal ini terkait dengan kepercayaan saat transaksi. Jika memungkinkan mintalah scan kartu identitas agar lebih mudah melacak saat penjual melakukan kecurangan dalam transaksi jual beli.

Jangan tergiur harga murah
Penipu biasanya menjual harga dibawah harga pasaran, hal ini karena barang yang dijual kualitas jelek sehingga penjual dapat menjual di bawah standar harga pasar. Hal ini dilakukan agar pembeli menaruh minat yang tinggi sehingga mudah untuk mengelabuhi pembelinya.

Utamakan COD
Jika melakukan transaksi yang jumlahnya besar dan beresiko usahakan COD atau ketemu langsung antara penjual dan pembeli sehingga bisa mengetahui jika terdapat kelemahan pada barang yang dibeli.

Sedikit tulisan mengenai tips aman jual beli online mudah-mudahan bermanfaat dan dapat melakukan transaksi secara bijaksana.
 

{ 0 comments... read them below or add one }

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih