ARSIP BLOG

Negara Dengan Harga Rokok Termahal

Posted by on Selasa, 27 November 2012


Seiring dengan perhatian pemerintah untuk meningkatkan kesehatan, salah satu caranya adalah dengan menaikkan cukai untuk rokok. Hal tersebut ditujukan untuk mengurangi konsumsi rokok dan menekan angka kematian akibat rokok.
Natal nanti, harga rokok eceran akan dinaikkan dengan kenaikan maksimal 81 persen dengan rata-rata 7 persen. Kenaikan tertinggi dialami oleh eceran untuk SPN golongan I mengalami kenaikan tertinggi. Pada golongan lapisan terendah itu naik 81,3 persen menjadi Rp 680 per batang.
Dengan harga rokok yang telah menyentuh puluhan ribu saat ini, tentu kenaikan harga rokok per batang akan berdampak signifikan. Apalagi untuk orang yang gemar merokok.
Namun, apakah Indonesia lantas menjadi negara dengan harga rokok termahal di dunia? Ternyata masih banyak yang lebih mahal dari Indonesia. Berikut data yang berhasil ditelusuri oleh merdeka.com dengan patokan harga Marlboro Light tahun 2010.
1. Irlandia

Perhatian akan kesehatan akibat merokok juga menjadi perhatian Irlandia. Di Irlandia, sebungkus rokok dijual dengan harga Rp 90.997.

2. Skotlandia

Tahun ini, negara yang bersebelahan dengan Britania Raya ini masih membahas mengenai pelarangan pemajangan rokok di toko-toko. Rupanya pemerintah sangat memperhatikan kesehatan anak-anak yang berisiko merokok pada usia muda.

Selain melarang pemajangan rokok di toko, negara ini juga telah menaikkan harga rokok menjadi Rp 93.490 per bungkus di tahun 2010.

3. Islandia

Hukum yang berlaku di Islandia mengharuskan penjualan rokok tidak boleh terlihat di warung-warung. Bahkan, pemerintahnya telah berencana untuk membatasi pembelian rokok hanya berdasarkan resep dokter telah diwacanakan.

Namun, wacana itu masih diperdebatkan. Pada tahun 2010, harga rokok di Islandia mencapai Rp 94.362 per bungkus.

4. Mauritius

Pulau yang berada di Afrika ini telah menjadi pelopor kampanye anti rokok di Afrika. Selain menaikkan harga rokok, kemasan rokoknya pun dipenuhi oleh gambar peringatan merokok yang mengambil tempat 65 persen. Harga rokok di Mauritius bisa mencapai Rp 103.000 per bungkus!

5. Norwegia

Norwegia sangat keras terhadap rokok. Rokok dilarang untuk dipajang di toko-toko. Hal tersebut sempat membuat Philip Morris, produsen rokok terbesar di Norwegia, menuntut pemerintah dengan kebijakan itu. Sayangnya, produsen Marlboro itu kalah.

Di tahun 2010, satu bungkus rokok di Norwegia dijual dengan harga Rp 90.249. Kini, harga rokok semakin naik dan mencapai Rp 146.000 per bungkus.

6. Selandia Baru

Selandia Baru adalah negara yang sering dibicarakan akhir-akhir ini jika menyangkut rokok. Negara tempat syuting The Lord of the Ring ini berencana untuk menghilangkan rokok sama sekali pada tahun 2025.

Demi memenuhi misi itu, negara ini akan terus menaikkan harga rokoknya. Pada tahun 2020 rencananya rokok akan dijual Rp 960.000 per bungkus. Saat ini harga rokok di negara tersebut mencapai sekitar Rp 221.153 per bungkus.

7. Singapura

Singapura adalah salah satu negara di Asia yang ketat dengan rokok. Hal tersebut terlihat dari harga rokok yang dijual sekitar Rp 73.000 per bungkus.

Bahkan, tak jarang Singapura tegas terhadap pengunjung yang menyelundupkan rokok. Januari lalu, beberapa warga Indonesia ditangkap karena menyelundupkan 10 bungkus rokok di negara Singa tersebut. 

Sumber: http://www.jelajahunik.us/2012/11/negara-dengan-harga-rokok-paling-mahal.html

{ 1 comments... read them below or add one }

Kharisma Adzana mengatakan... Reply Comment

nice post :-bd

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih