ARSIP BLOG

Nenek Moyang Game Konsol

Posted by Bhernadin Erryco on Rabu, 28 November 2012

Sebelum Sony berjaya dengan Playstation atau Microsoft dengan Xbox, dunia game konsol dikuasai Atari dan Nintendo. Dan semua seharusnya berterima kasih dengan nenek moyang mereka, Brown Box dan Oddysey.

Adalah Ralph Baer yang pertama kali memiliki gagasan ingin menciptakan sebuah televisi interaktif. Ya, kotak hiburan yang sudah menghipnotis jutaan orang ini menjadi kurang seru kalau hanya bisa ditonton saja.
 


Di tahun 1966, sebagai Chief Engineer di Sanders Associates, Baer menciptakan permainan sederhanya yang bisa dimainkan lewat televisi. Waktu itu masih sangat sederhana, hanya dua titik yang berkejaran dan Baer menamakannya Chase. Alatnya bernama Brown Box.

Setelah demo di hadapan Herbert Campman, akhirnya mengalirlah dana tambahan untuk mengembangkan proyek Baer. Kemudian mereka bekerja untuk perusahaan Magnavox.

Seorang ahli program, Bill Rusch direkrut untuk mempercepat pembangunan mesin game tersebut. Maka di tahun 1972 terciptalah Magnavox Odyssey.

 


Sayangnya, game ini tak bertahan lama. Banyak pihak menilai game seperti ini tidak punya potensi untuk dijual, apalagi berkembang gosip kalau game ini hanya bisa dimainkan dengan teisi keluaran pabrikan Magnovox.

Saat itu Atari banyak membeli lisensi dari Magnavox. Ternyata mereka mengembangkan game ini dengan tim sendiri. Di tahun 1975 muncullah permainan arcade game dikembangkan oleh Nolan Bushnell yang disebut Pong. Game ini langsung menjadi hit di pasaran. Sejak saat itu perkembangan berbagai game pun berlanjut.


 



Atari bisa dibilang jadi penguasa dunia game selama 10 tahun, hingga masuknya Nintendo ikut meramaikan persaingan di tahun 1985. Super Mario Bross jadi contoh permainan yang dikembangkan Nintendo dan menjadi salah satu legenda game hingga saat ini.

Catatan: Perkembangan game di komputer sudah ada sejak 1950-an. Hal ini untuk membedakan game dengan video game consoles / game konsol. Generasi pertama atau nenek moyang game konsol adalah Brown Box dan Odyssey. Namun, untuk kategori game konsol yang pertama kali sukses dijual di pasaran, maka Pong dari Atari yang jadi jawara, walau konsol ini termasuk generasi kedua.

Sumber

{ 1 comments... read them below or add one }

Peluang Usaha Modal Kecil mengatakan... Reply Comment

Bagi anda yang ingin mempunyai penghasilan tambahan dari usaha rumahan silahkan buka Peluang Usaha Modal Kecil

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih