ARSIP BLOG

Penjelasan Istilah-Istilah Dalam Internet

Posted by Bhernadin Erryco on Minggu, 04 November 2012

Berikut ini adalah beberapa istilah dan arti kata dalam internet yang sering kita jumpai saat kita membaca artikel komputer ataupun artikel internet di majalah, koran maupun di internet/blog beserta pengertiannya. Kami akan mulai dari yang berhufuf awal A. Langsung saja kita simak yang pertama:

Account
Akses kesebuah sistem komputer atau network, biasanya diperlukan username dan password

Anonymous FTP
Public Account yang disediakan oleh FTP server untuk siapa saja dapat masuk ke sistemnya dan mendownload atau mengupload file-file tertentu. Pasword dapat berupa alamat email atau guest tergantung dari FTP bersangkutan.

Archie
Suatu fasilitas diinternet yang memberikan kemudahan dalam mencari informasi situs yang menyediakan fasilitas FTP diinternet. Archie menyediakan database yang berisikan indexs informasi dari situs-situs FTP dengan cepat.

Backbone
Link (hubungan) internet berkecepatan tinggi yang menghubungkan link-link yang lebih kecil kapasitasnya. Backbone internet biasanya menghubungkan antar negara atau benua.

Bandwidth
Lebar jalur antara dua buah titik atau node didalam sebuah network. Selain itu menyatakan kecepatan maksimum transfer data.

Bridge
Suatu perangat dala sebuah LAN yang menerima paket-paket data dari LAN lain yang dialamatkan ke sebuah LAN ketiga. Fungsinyauntuk memperbaharui sinyal data.

Browser
Program aplikasi yang digunakan untuk mengakses menampilkan dan menjelajahi belantara informasi di internet.

Bulletin Board System (BBS)
Sistem komputer yang dilengkapi software-software yang memungkinkan para pemakai mengakses secara online tentang pertukaran artikel, email, chat, game, pengarsipan file dan berbagai kegiatan lain yang menarik untuk dibahas di BBS ini.

Cache
Mekanisme untuk mempercepat transfer data dengan cara menyimpan data yang telah diakses di suatu buffer, jika data yang sama akan di akses lagi prosesnya akan lebih cepat.

CGI (Common Gateway Interface)
Standar untuk menghubungkan berbagai program aplikasi ke halaman web. CGI sebanding dengan program komputer, yang menjadi perantara antara standar HTML yang menjadi tampilan web dengan program lain

Client
Komputer atau program yang memanfaatkan / mengakses data yang ada dikomputer lain dalam suatu jaringan

Client-Server
Suatu konsep dimana client adalah perangkat yang menerima dan server adalah perangkat yang menyediakan. Client menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi sedangkan server bertindak sebagai pengelola aplikasi data dan keamanannya.

Dial
Proses melakukan hubungan kesuatu tempat menggunakan saluran komunikasi

DNS (Domain Name System)
Suatu sistem untuk mengubah alamat IP menjadi alamat yang berbasis kata dengan tujuan mempermudah manusia mengingat.

Download
Mentransfer (menyalin) dari komputer lain di internet ke komputer lokal.

Email
Sistem korespondensi (surat menyurat) secara elektronis antara satu komputer dengan komputer lain dengan memanfaatkan jaringan komputer.

Encryption
Suatu metode tertentu untuk memproteksi atau menyembunyikan informasi dari pengaksesan yang tidak diijinkan.

FAQ (Frequently Asked Questions)
Bentuk informasi yang menyajikan pertanyaan dan jawaban untuk memeberikan kemudahan bagi pemakai menguasai atau memecahkan permasalahan yang di hadapi.

Firewall
Suatu program yang fungsinya melindungi sistem komputer tertentu dari pengaksesan oleh pemakai yang tidak berhak di internet.
Freeware
Istilah untuk perangkat lunak yang disediakan untuk siapa saja tanpa biaya dan batas waktu pemakaian.

FTP (File Transfer Protocol)
Salah satu fasilitas di internet yang digunakan untuk mentransfer (mengirim atau mengambil) file dari suatu sumber di internet ke komputer lokal dan sebaliknya.

FTP Mail
Salah satu layanan di internet yang memungkinkan file-file yang ada di FTP server dapat diakses oleh pemakai internet dengan menggunakan fasilitas elektronik mail.

Gateway
Suatu perangkat (komputer, router atau program) yang bertindak sebagai sistem perantara untuk hubungan kejaringan lain.

Gopher
Sistem informasi di internet yang disusun secara hirarkis dan terstruktur sehingga mempernudah pemakai untuk mencari dan mendapatkan informasi yang diinginkan. Informasi gopher berbasis teks dan saat ini fungsinya di gantikan oleh world wide web (www).

Homepage
Dokumen web pertama yang ditampilkan oleh browser jika mengakses kesalah satu web server (situs web).

Host
Komputer yang menggunakan sistem operasi multi user yang berada didalam suatu jaringan dan pemakainya dapat berkomunikasi dengan host lain didalan jaringan tersebut.

HTML (HyperText Mark-up Language)
Bahasa script standard yang digunakan untuk penyusunan dokumen web.

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Mekanisme untuk berkomunikasi antar berbagai macam komputer yang menggunakan HTML.

Hub
Suatu perangkat jaringan yang menjadi sentral dalam sebuah LAN.

Hyperlink
Tautan dalam sebuah halaman web yang dapat menghubungkan ke dokumen web atau file lain.

Internet
Jaringan komputer dunia yang menghubungkan jaringan-jaringan lokal di seluruh dunia.

Intranet
Pemanfaatan teknologi internet untuk kepentingan suatu organisasi atau perusahaan.

IP (Internet Protocol)
Mekanisme yang mendefinisikan bagaimana suatu data dapat di transfer.

IP address
Kombinasi angka unik yang ditetapkan untuk mengidentifikasi suatu host di internet.

ISDN (Integrated Services Digital Network)
Teknologi telekomunikasi yang menerapkan sistem digital secara menyeluruh, yang menawarkan keunggulan seperti kecepatan transfer data atau suara, fasilitas error-corection dan satu saluran (line ISDN) berisi kanal suara dank anal data sehingga dapat digunakan berbicara sekaligus menggunakan komputer secara simultan melalui line yang sama. ISDN atau sering disebut juga Jaringan Digital Layanan Terpadu.

ISP (Internet Service Provider)
Suatu perusahaan yang menyediakan akses ke internet bagi masyarakat.

LAN (Local Area Network)
Jaringan komputer yang terdiri dari banyak komputer yang letaknya terpisah-pisah dan jaraknya tidak terlalu jauh.

Leased Line
Saluran komunikasi yang disewa untuk hubungan terus menerus dari jaringan kejaringan lainnya yang jaraknya jauh.

Login
Proses mengakses sebuah layanan dengan memasukkan account (user ID dan password) terlebih dahulu.

Mailing List
Suatu daftar yang berisi alamat-alamat email dari pesertanya. Mailing list bersifat diskusi lewat email yang memudahkan moderator dan pesertanya bertukar pikiran tentang satu topik bahasan tertentu.

MIME (Multipurpose Internet Mail Extention)
Perluasan dari fasilitas email yang memungkinkan pengiriman mengirim gambar, suara, fax dan lain-lain lewat email.

Modem (Modulator Demodulator)
Perangkat komunikasi tambahan bagi komputer yang berfungsi mengkonversikan signal analog menjadi signal digital dan sebaliknya.
Netscape Navigator
Program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Netscape Corp.

Password
Kode rahasia yang digunakan oleh user untuk dapat mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat semasuki sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

Plugin
Adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.
 
Script
Adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage.

Search Engine
Adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal : Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan lainnya.

Server
Adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.

Upload
Adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.

User
Pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
 
Virus
Adalah program tersembunyi yang dapat ‘menebeng’ atau ‘membonceng’ pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin.

VisualBasic
Bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp.

Voice-mail
Sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.

WAP
Singkatan dari Wireless Application Protocol, adalah fasilitas pada handphone yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan internet. Dengan WAP kita dapat menggunakan internet tidak saja untuk menerima dan mengirim handphone, bahkan untuk kalender, jadwal, serta gambar.

Web browser
Program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.

Webmaster
Seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan.

Web page
Adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video.

Website
Adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.

www
Singkatan dari 'world wide web' adalah istilah yang digunakan dalam internet untuk awal.
 

{ 1 comments... read them below or add one }

Sultan mengatakan... Reply Comment

Baik Sekali ini saya jadi tau istilah" dalam internet .

www.septictankbiofiber.blogspot.com

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih