ARSIP BLOG

Sejarah Perkembangan Reaksi Nuklir

Posted by Bhernadin Erryco on Rabu, 28 November 2012


ledakan+bom+nuklir+hiroshima+nagasaki+jepang+1942 Sejarah Terbentuknya Reaksi Nuklir


Reaksi nuklir adalah sebuah proses di mana dua partikel nuklir bertubrukan, untuk memproduksi hasil yang berbeda dari produk awal. Pada prinsipnya sebuah reaksi dapat melibatkan lebih dari dua partikel yang bertubrukan, tetapi kejadian tersebut sangat jarang. Bila partikel-partikel tersebut bertabrakan dan berpisah tanpa berubah (kecuali mungkin dalam level energi), proses ini disebut tabrakan dan bukan sebuah reaksi.

Reaksi Nuklir 1896: Antoine Henri Becquerel

Pada tahun 1896, Antoine Henri Becquerel menemukan radioaktivitas uranium.
Becquerel terlahir dari keluarga yang menelurkan 4 generasi ilmuwan, termasuk putranya sendiri Jean. Henri Becquerel belajar ilmu pengetahuan alam di École Polytechnique dan teknik di École des Ponts et Chaussées. Pada tahun 1890, ia menikah dengan Louise Désirée Lorieux.

Reaksi Nuklir 1902: Marie dan Pierre Curie

Pada tahun 1902, Marie dan Pierre Curie mengisolasi logam radioaktif disebut radium.
Marie Curie dibesarkan di Polandia dalam keluarga guru. Karena krisis di Polandia, ia jatuh miskin dan harus hidup hemat. Yang lebih menyedihkan lagi, ia harus sembunyi-sembunyi untuk belajar ilmunya. Pada tahun 1891 Marie melanjutkan studinya tentang Fisika dan Matematika di Universitas Sorbonne. Baru setelah dia pergi ke Paris untuk sekolah di Universitas Sorbonne maka dia dapat lebih leluasa untuk melakukan riset sampai akhirnya dari bekalnya itu dia mampu mengisolasi radium dari laboratorium tuanya yang sederhana; dari sinilah awal kepopulerannya.

Reaksi Nuklir 1905: Albert Einstein

Pada tahun 1905, Albert Einstein merumuskan dalam teori Teori Relativitas Khusus.
Siapa yang tak kenal pada Einstein, dia mungkin bisa dikatakan ilmuwan paling akbar. Einstein mulai belajar matematika pada umur dua belas tahun. Pada saat kelulusannya Einstein tidak dapat menemukan pekerjaan mengajar, keterburuannya sebagai orang muda yang mudah membuat marah professornya. Di artikel pertamanya pada tahun 1905 bernama “On the Motion—Required by the Molecular Kinetic Theory of Heat—of Small Particles Suspended in a Stationary Liquid”, mencakup penelitian tentang gerakan Brownian. Menggunakan teori kinetik cairan yang pada saat itu kontroversial, dia menetapkan bahwa fenomena, yang masih kurang penjelasan yang memuaskan setelah beberapa dekade setelah ia pertama kali diamati, memberikan bukti empirik (atas dasar pengamatan dan eksperimen) kenyataan pada atom. Dan juga meminjamkan keyakinan pada mekanika statistika, yang pada saat itu juga kontroversial.
Menurut teori ini, massa dapat dianggap sebagai bentuk lain dari energi. Menurut Einstein, jika entah bagaimana kita bisa mengubah massa menjadi energi, akan mungkin untuk “membebaskan” sejumlah besar energi.
Selama dekade berikutnya, langkah besar diambil oleh Ernest Rutherford dan Niels Bohr menjelaskan struktur atom yang lebih tepat. Mereka mengatakan, dari inti bermuatan positif, dan elektron bermuatan negatif yang berputar di sekitar inti. Itu adalah inti, para ilmuwan menyimpulkan, bahwa harus dipecah atau “meledak” jika energi atom akan dirilis.

Reaksi Nuklir 1905: Albert Einstein

Pada tahun 1934, Enrico Fermi Italia menghancurkan atom berat dengan menyemprotkannya pada neutron. Namun dia tidak menyadari bahwa ia telah memperoleh fisi nuklir.

Reaksi Nuklir 1905: Albert Einstein

Pada Desember 1938, meskipun, Otto Hahn dan Fritz Strassman di Berlin melakukan eksperimen serupa dengan uranium dan menjadi prestasi dunia. Mereka telah menghasilkan fisi nuklir, mereka telah memisahkan atom yaitu 33 tahun setelah Einstein mengatakan hal itu bisa dilakukan bahwa massa berubah menjadi energi.

Reaksi Nuklir 1939: Albert Einstein

Pada tanggal 2 Agustus 1939, Albert Einstein menulis surat kepada Presiden Amerika, Franklin D. Roosevelt. Selama empat bulan terakhir, ia telah membuat kemungkinan melalui karya Joliot di Perancis serta Fermi dan Szilard di Amerika yang memungkinkan mengatur reaksi nuklir dalam sebuah massa besar uranium. ..
Dan ini fenomena baru juga yang akan mengarah pada pembangunan bom … Sebuah bom tunggal dari jenis ini, dilakukan dengan perahu atau meledak di sebuah port, mungkin sangat baik menghancurkan seluruh pelabuhan bersama-sama dengan beberapa daerah sekitarnya. Dia mendesak Roosevelt untuk memulai program nuklir tanpa keterlambatan.
Dalam 1 tahun kemudian Einstein menyesalkan peran dia bermain dalam pengembangan senjata destruktif seperti itu: “Aku melakukan satu kesalahan besar dalam hidup saya,” katanya kepada Linus Pauling, ilmuwan terkemuka lain, “ketika saya menandatangani surat kepada Presiden Roosevelt merekomendasikan bahwa bom atom dibuat”.

Reaksi Nuklir 1942: Enrico Fermi

Pada Desember 1942 di University of Chicago, ahli fisika Italia Enrico Fermi berhasil menghasilkan reaksi berantai nuklir pertama. Hal ini dilakukan dengan pengaturan uranium alam gumpalan didistribusikan dalam setumpuk besar grafit murni, suatu bentuk karbonnya. Dalam reaktor nuklir, moderator grafit berfungsi untuk memperlambat neutron.
Enrico Fermi (lahir 29 September 1901 – meninggal 28 November 1954 pada umur 53 tahun) adalah seorang fisikawan Italia-Amerika yang paling diingat untuk karyanya dalam peluruhan beta, pengembangan reaktor nuklir pertama, dan pengembangan teori kuantum. Ia memenangi Hadiah Nobel dalam bidang fisika 1938.

Reaksi Nuklir 1942: Perang Dunia Kedua

Pada Agustus 1942, selama Perang Dunia II, Amerika Serikat mendirikan Proyek Manhattan.Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengembangkan, membangun, dan menguji bom. Banyak ilmuwan Amerika terkemuka, termasuk fisikawan Enrico Fermi dan J. Robert Oppenheimer dan kimia Harold Urey, yang terkait dengan proyek, yang dipimpin oleh seorang insinyur Angkatan Darat AS, Brigadir Jenderal Leslie R. Groves.
Julius Robert Oppenheimer (1904-1967) dikenal sebagai ahli fisika dari Amerika Serikat. Robert juga merupakan salah satu tokoh Proyek Manhattan selama Perang Dunia II yang bertugas untuk memproduksi bom atom pertama.
Harold Clayton Urey (lahir 29 April 1893 – meninggal 5 Januari 1981 pada umur 87 tahun) adalah seorang kimiawan Amerika Serikat yang mempelajari isotop. Urey mendapatkan Penghargaan Nobel bidang kimia pada tahun 1934. Urey juga mengemukakan teori evolusi planet. Selain mendapatkan penghargaan Nobel, Urey juga mendapatkan medali emas dari Royal Astonomical Society pada tahun 1966. Selain itu untuk menghargai jasa-jasanya, nama Urey juga diabadikan sebagai nama kawah di bulan (kawah Urey), nama asteroid (4716 Urey) dan penghargaan H. C. Urey yaitu penghargaan yang diberikan kepada astronom oleh American Astronomical Society.
Letnan Jenderal Leslie Richard Groves, Jr. (17 Agustus 1896 – 13 Juli 1970) adalah seorang Jenderal Angkatan Darat Amerika Serikat yang terkenal dengan kiprahnyan dalam Proyek Manhattan. Proyek ini ditujukan untuk mengembangkan Bom Atom selama Perang Dunia II. Akibat dari Proyek Manhattan adalah, Bom nuklir “Little Boy” dijatuhkan di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945, diikuti dengan dijatuhkan bom nuklir “Fat Man” di atas Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945. Serangan bom terhadap kekaisaran Jepang ini menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, 6 hari kemudian, 15 Agustus 1945.

Reaksi Nuklir 1945: The Bomb

Pada tanggal 31 Mei 1945, enam belas orang bertemu di kantor Menteri Perang Henry L. Stimson. Enam belas orang ini ada di sana untuk membuat keputusan tentang senjata Amerika rata-rata belum pernah mendengar, bom atom. Mereka memilih target masa depan untuk “The Bomb.” Apa yang mereka bicarakan adalah “hubungan baru manusia dengan alam semesta,” seperti dikatakan oleh Stimson. Sekretaris tampaknya mengatakan, berada di titik balik yang paling kritis dalam seluruh sejarah yang dicatat.
Pada tanggal 16 Juli 1945, bom atom pertama atau A-bom, diuji di Alamogordo, New Mexico.
Pada tanggal 6 Agustus 1945, Enola Gay, pesawat Amerika, menjatuhkan bom atom pertama yang pernah digunakan dalam peperangan di Hiroshima, Jepang, akhirnya menewaskan lebih dari 140.000 orang. Pada tanggal 9 Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom kedua, kali ini di kota Jepang Nagasaki. Walaupun meleset satu mil dari sasaran, tapi membunuh 75.000 orang.

Reaksi Nuklir: 1946: Undang-Undang Energi Nuklir Atom

Pada tahun 1946, Komisi Energi Atom (AEC), lembaga sipil dari pemerintah Amerika Serikat, mendirikan UU Energi Atom untuk mengelola dan mengatur produksi dan penggunaan tenaga atom. Di antara program-program utama dari komisi baru ini adalah produksi bahan fisik bom; pencegahan kecelakaan; penelitian biologi, kesehatan, metalurgi dan produksi tenaga listrik dari atom, studi dalam produksi pesawat nuklir; dan deklasifikasi data pada energi atom.

Reaksi Nuklir 1949: Uni Soviet

Pada tanggal 29 Agustus 1949, Uni Soviet menguji bom atom pertama.

Reaksi Nuklir 1952: USA

Pada tanggal 1 November, 1952 percobaan, skala penuh berhasil dilakukan oleh Amerika Serikat dengan perangkat fusi-jenis.

Sumber

{ 4 comments... read them below or add one }

zookdee mengatakan... Reply Comment

info yang menarik,Gan

Pak Guru mengatakan... Reply Comment

Share yg bermanfaat ttg sejarah perkembangan reaksi inti. Terima kasih sob...

mao qiuyun mengatakan... Reply Comment

michael kors outlet, http://www.michaelkorsoutletcanada.in.net/
nike air force 1, http://www.airforce1.us.com/
soccer jerseys, http://www.soccerjerseys.us.com/
mulberry outlet, http://www.mulberryoutlet.com.co/
lacoste polo shirts, http://www.lacostepoloshirts.cc/
michael kors outlet, http://michaelkors.outletonlinestores.us.com/
ralph lauren uk, http://www.ralphlauren-outletonline.co.uk/
toms outlet, http://www.tomsoutlet-stores.com/
polo ralph lauren, http://www.poloralphlauren.us.org/
nike free uk, http://www.nikefreerunning.org.uk/
ralph lauren outlet, http://www.ralphlaurenoutlet.in.net/
christian louboutin, http://www.scarpelouboutin.it/
michael kors handbags, http://www.michaelkorshandbagsoutletstore.us.com/
cheap nhl jerseys, http://www.nhljerseys.us.com/
the north face clearance, http://www.thenorthfaceclearances.us.com/
north face outlet, http://www.thenorthface.me/
rolex watches uk, http://www.rolexwatches-uk.co.uk/
coach outlet online, http://www.coachoutletonline-store.us.com/
louis vuitton bags, http://www.louisvuittonbag.us.com/
mbt shoes, http://www.mbtshoesoutlet.us.com/
chanel handbags, http://www.chanelhandbags-outlet.us.com/
michael kors outlet, http://www.michaelkorsoutletusa.net/
cheap oakley sunglasses, http://www.cheapoakleysunglassess.us.com/
the north face uk, http://www.thenorthfaces.org.uk/
jordan shoes, http://www.jordan-shoes.us.com/
hollister uk, http://www.hollistershirts.co.uk/
oakley sunglasses, http://www.wholesaleoakleysunglasses.us.com/
abercrombie and fitch, http://www.abercrombie-fitch.us.com/
0924maoqiuyun

Xiaozhengm 520 mengatakan... Reply Comment

2015-9-24 xiaozhengm
Prescription Oakley Sunglasses Wholesale
tory burch sale
Michael Kors Outlet Discount Purses Online
michael kors outlet online
ugg boots sale
Louis Vuitton Bags Original
true religion jeans
michael kors bags
Abercrombie Short T-Shirts
hermes bags
coach outlet store online
michael kors outlet
uggs australia
timberland boots for men
Coach Outlet USA Stores
michael kors outlet
Abercrombie & Fitch Kids Clothing
michael kors uk
louis vuitton outlet stores
Michael Kors Outlet Official Website
hollister uk sale
michael kors outlet
coach factory outlet
louis vuitton handbags
Coach Factory Online Outlet Cheap Purses
Coach Outlet Official Website
Polo Ralph Lauren Factory Outlet
Abercrombie and Fitch Striped Shirts
Louis Vuitton Neverfull GM Monogram
canada goose jackets
ray ban sunglasses
true religion outlet

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih