Museum Teraneh

Posted by Bhernadin Erryco on Kamis, 07 Februari 2013

Tidak semua museum menyajikan peninggalan sejarah atau budaya masa lampau. Beberapa museum justru menyimpan benda-benda aneh dan membuat ngeri orang yang melihatnya. Seperti museum yang ada dalam daftar berikut.



1. Museum Kriptozoologi Internasional, Amerika Serikat
 
 
Secara umum kriptozoologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang hewan-hewan yang belum terbukti keberadaannya. Termasuk di dalamnya adalah penelitian terhadap hewan yang telah punah atau hewan yang belum pernah terlihat wujudnya namun muncul dalam mitos atau legenda. 
 
Maka di museum inilah Anda dapat menyaksikan rekaan wujud hewan Bigfoot, Putri Duyung dan Chupacabra, seekor kambing penghisap darah yang mitosnya sering terdengar di Amerika Selatan.


2. Brotmuseum, Jerman

 
 
 
Kamu penggemar roti? Maka kamu harus menyempatkan untuk mengunjungi museum satu ini. Di dalam museum ini terdapat 18000 patung peraga yang menunjukkan proses pembuatan roti. Mulai dari pembuatan roti tradisional yang dikenal kurang lebih 6000 tahun lalu hingga yang semi modern.

Mungkin terdengar tidak menarik, namun mengetahui bahwa sejak ribuan tahun lalu nenek moyang kita sudah mampu membuat makanan lezat yang diwariskan hingga kini, tentu saja mengagumkan. Sayangnya museum ini tidak menyediakan sampel roti tradisional untuk dicicipi pengunjung.


3. The Museum of Bad Art 

Jangan takut kalau orang lain menganggap lukisanmu jelek. Nyatanya, ada museum yang memajang hasil karya seni yang banyak dianggap 'buruk rupa'.

The Museum of Bad Art didirikan pada tahun 1994 oleh dealer barang antik Scott Wilson setelah ia menunjukkan pada teman-temannya sebuah lukisan yang baru saja ia 'selamatkan' dari tempat sampah. Berkat saran teman-temannya, Wilson akhirnya mengumpulkan karya seni yang terbuang ini ke dalam sebuah museum yang diberi nama Museum Of Bad Art. Marie Jackson, sang co-founder, menyebutkan bahwa museum ini didirikan untuk menghargai karya para seniman yang gagal dengan cara yang mewah.


4. Museum Rantai Anjing
 
Jutaan pecinta anjing mengunjungi museum yang berada di Leed Castle, Inggris ini setiap tahunnya. Museum ini menyimpan koleksi rantai anjing sejak abad 15 di Inggris. Sebagian besar koleksi rantai anjing saat itu terbuat dari bahan besi dan paku untuk melindungi anjing dari serangan hewan lain.


5. Museum Pakaian Dalam 
 
Para perempuan mungkin perlu berterima kasih pada Frederick Mellinger, penemu push-up bra yang mampu membuat beberapa perempuan tampil lebih percaya diri. Sejak pertama kali berdiri pada tahun 1947, bisnis pakaian dalam milik Frederick pun berkembang pesat dan menjadi salah satu merek pakaian dalam terfavorit di California pada saat itu.

Frederick kemudian mendirikan The Lingerie Museum yang menampilkan koleksi perkembangan pakaian dalam wanita mulai dari bra, celana dalam, korset, hingga koleksi pakaian dalam yang pernah dipakai para selebritis. Salah satu koleksinya yang terkenal adalah korset mancung milik Madonna dan bustier yang dipakai Marilyn Monroe dalam film HOW TO MARRY A MILLIONAIRE.

6. Avanos Hair Museum, Turki
 
 
Cerita mengenai museum ini berawal dari sejak 30 tahun lalu, di mana kawasan Avanos memiliki seorang pembuat tembikar ternama bernama Chez Galip. Saat itu, salah satu sahabat perempuan Galip harus meninggalkan Avanos. Untuk mengusir rasa sedihnya, sahabat Galip memotong rambutnya dan meletakkannya di dalam kendi tembikar buatan Galip.

Sejak itu, perempuan yang mengunjungi toko tembikar milik Galip dan mengetahui tentang cerita ini turut bersimpati dan ikut memotong rambutnya dan menempelkannya di dinding lengkap beserta alamatnya. Setelah bertahun-tahun, akhirnya terkumpul lebih dari 16 ribu jenis rambut perempuan yang berasal dari seluruh dunia.

Setiap bulan Juni dan Desember, pembeli pertama di toko Galip akan mendapat kesempatan untuk memilih 10 perempuan yang beruntung memenangkan paket liburan di Cappadocia, Turki dari Galip plus bonus kursus membuat tembikar secara cuma-cuma.


7. Momofuku Ando Instant Ramen Museum 
 
Momofuku Ando Instant Ramen Museum adalah museum yang berisi kumpulan kemasan mi instan dan cup noodles. Museum ini terletak di sekitar Stasiun Ikeda, Hankyu-Takarazuka Line. Tak perlu membayar biaya masuk, pengunjung bisa melihat perkembangan mi instan mulai jaman Perang Dunia II hingga saat ini.


Yang menarik, para pengunjung juga bisa mampir di dapur museum dan membuat semangkuk mi instan sesuai dengan selera mereka.


8. The Museum of Enduring Beauty, Malaysia
 
Beauty is pain is true. Ya, ungkapan bahwa banyak pengorbanan yang dilakukan untuk menjadi cantik ini memang terbukti kenyataannya. Banyak perempuan rela menderita secara fisik agar dapat terlihat cantik, dan museum ini merekamnya.

Tujuan didirikannya museum ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan perbedaan perspektif tentang kecantikan dari waktu ke waktu. Contohnya di China, pada masa akhir dinasti Tang dikenal anggapan bahwa perempuan cantik adalah perempuan yang memiliki telapak kaki kecil. Untuk mendapatkan kaki kecil, para ibu mengikat kaki bayi perempuan mereka dengan kain agar ketika dewasa nanti mereka memiliki kaki kecil yang berukuran sekitar 10-15 cm saja.



9. Museum Kunstkamera, Rusia
 
Museum Kunstkamera adalah salah satu museum yang paling terkenal di Rusia. Bukan hanya karena museum ini adalah museum pertama yang ada di Rusia, tapi juga karena koleksinya yang aneh. Bagaimana tidak aneh, kalau koleksinya sebagian besar terdiri dari awetan makhluk hidup yang terlahir dengan bentuk fisik yang tidak biasa?.

Tak hanya itu, museum ini juga menyimpan berbagai alat penyiksaan yang keji seperti kursi hukuman yang penuh paku dan bor kepala. Ternyata museum ini didirikan oleh Peter the Great untuk menghilangkan rasa takut manusia pada monster. Melihat koleksi yang ada, sepertinya memang tidak butuh monster untuk merasa ngeri...


10. Siriraj Medical Museum, Bangkok
 
Masyarakat lebih sering menyebut Siriraj Medical Museum dengan nama Museum Kematian. Sebutan tersebut tidak salah, karena museum ini menyimpan beberapa kerangka, awetan janin atau bagian tubuh yang meninggal karena berbagai sebab. Misalnya, dalam museum ini Anda akan menemukan bagaimana paru-paru manusia yang rusak akibat tusukan seorang psikopat, otak yang mengalami pendarahan dan anggota tubuh lainnya yang dimutilasi.

Terlepas dari koleksinya yang mengerikan, museum ini sebenarnya didirikan untuk keperluan medis. Museum yang terletak di Rumah Sakit Siriraj ini terdiri dari beberapa bagian museum medis termasuk di dalamnya terdapat museum anatomi, patologi, pengobatan tradisional Thailand dan museum toksikologi. Pada tahun 2008, Museum Siriraj juga menampilkan foto-foto aksi tenaga medis dari Rumah Sakit Siriraj ketika musibah tsunami tahun 2004 yang melanda Asia. 


Sumber

{ 0 comments... read them below or add one }

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih