ARSIP BLOG

Pemain Hebat Yang Belum Pernah Raih Ballon d'Or

Posted by Bhernadin Erryco on Selasa, 15 Januari 2013



BARCELONA – Tak ada yang meragukan kehebatan Andres Iniesta, Thierry Henry, Raul Gonzalez, hingga Eric Cantona. Namun, kenyataannya mereka semua sama-sama belum pernah dianugerahi gelar pemain terbaik dunia.


Banyak yang menganggap Iniesta seharusnya meraih FIFA Ballon d’Or 2012 di awal pekan ini.

Gelandang Barcelona tersebut menjadi metronom di balik kesuksesan tim nasional Spanyol pada Euro 2012, sebagaimana halnya kala menjuarai Piala Dunia 2010 dan Euro 2008.
 
Sosok berusia 28 tahun ini juga senantiasa instrumental di level klub di mana raksasa Katalan tersebut masih terus menghibur publik sepak bola dunia berkat permainan super-ofensif yang tak bisa ditiru tim lain.

Kembali kalah dari Messi, yang menyabet trofi untuk keempat kalinya secara berturut-turut, kesempatan terbaik Iniesta untuk memenangi gelar ini mungkin telah sirna.

Bila hingga pensiun, Iniesta tetap gagal mendapat penghargaan pemain terbaik, maka publik sepak bola dunia di masa depan pasti terkejut bagaimana mungkin salah satu maestro terbaik sepertinya bisa diabaikan seperti itu.

Lantas siapa saja maestro-maestro lain yang luput dari penghargaan ini, berikut daftarnya seperti dikutip Independent:

1. Andres Iniesta
Kunci timnas Spanyol menjuarai Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012. Mencetak gol penentu di final PD 2010. Dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen di Euro 2012. Namun, hanya menempati urutan kedua Ballon d’Or 2010 dan urutan ketiga Ballon d’Or 2012.

2. Diego Maradona & Pele
Dua pemain yang digadang-gadang sebagai pemain terbaik sepanjang masa ini gagal mendapat predikat pemain terbaik karena ‘kecelakaan’ sejarah. World Player of the Year baru diadakan pada 1991 dan Ballon d’Or sudah hadir sejak 1956 tapi hingga 1995, hanya diperuntukkan khusus bagi pemain Eropa.

3. Thierry Henry
Pemain terhebat sepanjang sejarah Arsenal. Membawa timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 1998, Euro 2000, dan final Piala Dunia 2006. Henry sempat beberapa kali masuk nominasi Ballon d’Or (2003 dan 2006) serta World Player of the Year (2003 dan 2004). Di Ballon d’Or 2003 tempati urutan kedua di belakang Pavel Nedved. Di Ballon d’Or 2006 tempati urutan ketiga di bawah Fabio Cannavaro dan Gianluigi Buffon. Sementara di World Player of the Year 2003 & 2004 sama-sama tempati urutan kedua, masing-masing di bawah Zinedine Zidane dan Ronaldinho.

4. Raul Gonzalez
Salah satu pemain terhebat sepanjang sejarah Real Madrid. Menjuarai enam titel La Liga dan tiga trofi Liga Champions tapi hanya sekali masuk nominasi Ballon d’Or. Pada Ballon d’Or 2001, Raul hanya menempati urutan kedua di belakang Michael Owen.

5. Alan Shearer
Penyerang tengah sejati yang juga legenda Newcastle United. Mencetak rekor 260 gol di Premier League. Sempat jadi nominasi Ballon d’Or 1996 tapi hanya menempati urutan ketiga di bawah Matthias Sammer dan Ronaldo.

6. Frank Rijkaard
Seperti Cristiano Ronaldo pada Lionel Messi, Frank Rijkaard selalu di bawah bayang-bayang Marco van Basten. Gelandang bertahan terbaik di generasinya ini masuk nominasi Ballon d’Or 1988 dan 1989, tahun di mana Van Basten memenangi kedua penghargaan tersebut.

7. Dennis Bergkamp
Legenda Arsenal dan Belanda. Punya teknik dan kontrol bola sempurna. Pada Ballon d’Or 1992 menempati urutan kedua di belakang Marco van Basten. Pada Ballon d’Or 1993 lagi-lagi tempati urutan kedua, kali ini di bawah Roberto Baggio. Pada World Player of the Year 1993 tempati urutan ketiga, kembali di bawah Baggio.

8. Paolo Maldini
Legenda terbesar AC Milan. Menjuarai tujuh Serie A dan lima Liga Champions. Pada Ballon d’Or 1994 tempati urutan ketiga di bawah Hristo Stoichkov. Pada World Player of the Year 1995 tempati urutan kedua di bawah George Weah.

9. Peter Schmeichel
Kiper terbaik sepanjang sejarah Manchester United. Sayangnya, penjaga gawang jarang mendapat penghargaan. Hanya sekali kiper dinobatkan sebagai yang terbaik yakni Ballon d’Or 1963 untuk Lev Yashin.

10. Kenny Dalglish
Kunci sukses ‘The Untouchables’ Liverpool di era 80-an. Hanya sekali masuk nominasi Ballon d’Or yakni pada 1983 tetapi hanya menempati posisi kedua di bawah Michel Platini.

11. Eric Cantona
Kerap dianggap pemain terhebat sepanjang era Premier League. Punya style yang tidak dimiliki pemain lain. Cantona hanya sekali dinominasikan dalam Ballon d’Or, yakni pada 1993 saat menempati posisi kedua di bawah Roberto Baggio.

12. Ferenc Puskas
Pemain terhebat sepanjang masa. Mencetak 514 dari 529 laga di Liga Hungaria dan Liga Spanyol. Mencetak 84 gol dari 85 laga timnas Hungaria. Namun, luar biasanya hanya sekali masuk nominasi Ballon d’Or 1960. Itu pun kalah dari Luis Suarez. FIFA mungkin merasa bersalah atas ‘kekhilafan’ ini, sehingga mulai 2009 lahirlah FIFA Puskas Award untuk gol terbaik dunia.


Sumber:  http://www.jelajahunik.us/2013/01/pemain-hebat-yang-tak-pernah-raih.html

{ 2 comments... read them below or add one }

Master Jin - Belajar dan Berbagi mengatakan... Reply Comment

ane tetep dukung messi aja deh mas..wkwkwkw

Yogie G. Kurniawan mengatakan... Reply Comment

pendukung setia mesi juga saya mas hoho :D

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih