Seputar Hari Valentine

Posted by Bhernadin Erryco on Kamis, 14 Februari 2013

 
# Sejarah Valentine Day #

* Hari Budaya Cinta
Valentine day adalah hari kasih sayang, yg dirayakan setiap tanggal 14 Pebruari, dan sebenarnya hari valentine adalah perayaan yg gak resmi diberbagai negara. Seperti halnya hari ulang tahun, hari sabtu malam minggu. Hari-hari seperti itu hanyalah sebagai budaya dan keinginan manusia aja untuk mengekpresikan kebahagiaan. Dan yg menentukan hari-hari yg gak resmi itu terutama adalah orang-orang tertentu mengikuti sejarah yg berupa upacara tertentu.



* Perayaaan Kesuburan
Sejarah yg lalu, menurut kalender "Athena Kuno". Pada petengahan Januari dan pertengahan Februari adalah hari-hari yg penuh dengan kesuburan, mereka melandasi hari-hari dalam pertengahan bulan itu sebagai hari kesuburan ketika ada persembahan sesuatu (berupa hewan) kepada dewa 'zeus' dan 'hera' dalam pernikahannya. Pertengahan bulan tersebut dinamakan sebagai bulan "Gamelion".

- Kesimpulannya:
Kalo ini jadi dasar hari valentine, bukan hanya 14-15 Februari, melainkan juga 14-15 Januari. Anehnya, kenapa pada tanggal 14 Pebruari yg dijadikan sebagai hari kasih sayang?

* Hari Raya Gereja
Landasan kedua, yg menjadikan 14 Februari sebagai hari valentine berasal dari perayaan "Triple Valentinus" (3 orang suci).
Valentine diambil dari hari raya gereja sebagai penghormatan kepada triple valentinus, 3 orang yg disebut suci. Yaitu pastur, Uskup (pemimpin gereja) dan martir (pejuang). Mereka menyebut sebagai triple valentinus ketika mereka menemukan kerangka dimakam 'Santo Hyppolitus' dekat Roma tepat pada Februari.
Kerangka-kerangka yg diyakini sebagai valentinus diserahkan pada paus untuk dimakamkan kembali digereja tepatnya di Irlandia. Banyak orang yg berziarah dimakam itu pada hari valentine.

* Ajaran Gnostisisme
Valentine diperkuat dari ajaran Gnostisisme yaitu orang yg dianggap uskup atau pemimpin gereja yg mempunyai aliran sinkretisme. Ajarannya berupa, bahwa tempat tidur pelaminan merupakan tempat utama cinta kasih dalam versi kristian (orang kristen).

* Keyakinan
Dan ada lagi yg berkeyakinan, bahwa pada tanggal 14 Februari merupakan hari-hari burung mencari pasangannya. Ini juga dijadikan dasar sebagai hari valentine.

# Lambang Valentine Day #
- Manusia Berbaju kulit kambing (perayaan pernikahan dewa zeus)
- Simbol Hati
- Anak yg mempunyai dua sayap putih
- Bunga Mawar
- Cokelat
- Dll

# Perayaan Valentine Day Modern #

* Di Negara Barat
Di Amerika, valentine day dirayakan dengan cara membagikan kartu tanda cinta kepada siapapun orang yg dicintai.

* Di Jepang
Di Jepang berbeda sebutan untuk valentina day, disana pada hari valentine disebut sebagai white day (Hari Putih), dimana seorang perempuan wajib memberikan cokelat kepada prianya. Dan apabila pria sudah diberikan cokelat, wajib membalasnya.

* Di Taiwan
Di Taiwan malah mempunyai 3 sebutan, hari valentine, hari putih dan hari anak. Banyak amat yah sebutannya.

* Di Indonesia
Di Indonesia sendiri yg paling beda, karena Indonesia adalah Negara berkembang, setiap ada budaya dari Barat yg masuk di Indonesia, akan dikembangkan oleh masyarakat ini. Jadi, gak maju-maju. Seharusnya, budaya kita yg harus bisa dikembangkan oleh mereka diluar sana.

* Dan Satu Hal yg Paling Tragis:
Pada saat tanggal 14 Februari 1929 terjadi pembantaian di Chicago.
So, hari valentine bukanlah hari kasih sayang yg sebenarnya. Hari kasih sayang perlu diterapkan disetiap hari, jangan mendasarkan kasih dan cinta pada sesuatu yg gak jelas, agar kasih sayang bermanfaat dimata sesama dan Tuhan. :)
Yang terpenting dalam hidup adalah:
- Saling menghormati
- Tidak menghina
- Memberikan nasihat kebaikan
- dan semua itu kita lakukan tanpa memandang agama, suku, ras dan golongan.
(Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.)


Sumber 

{ 2 comments... read them below or add one }

muslim sejati mengatakan... Reply Comment

Menurut saya VD bukan hari kasih syg seperti org yakini. yg aku gak mau ikutan yg namanya VD.

Motamatika mengatakan... Reply Comment

Lengkap banget ulasannya...
Makasih sobat infonya :D

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih