ARSIP BLOG

Bahaya Menggunakan Jejaring Sosial

Posted by on Sabtu, 01 Desember 2012

Apakah Facebook adalah sarana online yang berfungsi sebagai pemersatu? Coba pikir lagi. Menurut beberapa penelitian mengungkapkan sebaliknya.





Diakui atau tidak, dipercaya atau tidak, remaja saat ini sudah sangat mengenal apa yang disebut Facebook. Bahkan rata-rata dari mereka bangga apabila mempunyai friendlist banyak dan itu menandakan mereka populer atau dikenal banyak orang.

Namun, ironisnya, tidak semua orang yang ada di friendlist-nya tersebut dia kenal. Bahkan ada juga yang tidak dia kenal sama sekali. Nina Strochlic, seorang penulis di Daily Beast menuliskan bahwa saat ini remaja, anak muda bahkan orang-orang dewasa banyak yang menggemari Facebook, Twitter atau situs jejaring sosial lainnya.

Strochlic juga menuliskan bahwa sejak munculnya situs-situs jejaring sosial khususnya Facebook, banyak orang yang 'kehilangan' sisi manusia mereka. Mayoritas para Facebook addictjustru akan menjadi pemalu dan tidak segahar atau seramai ketika dia ada di Facebook.

Selain itu, dengan terus berkutat dengan account Facebooknya serta terhubung denganaccount-account lainnya, secara tidak sadar mereka akan terbius dan menciptakan pertemanan atau persahabat ilusi sendiri. Mereka akan sadar ketika suatu waktu tidak ada status yang perlu dikomentari atau tidak ada berita-berita menarik lainnya di Facebook.

Dia akan merasa kesepian karena tidak ada teman untuk berbicara, bercanda atau lainnya. Bagi anak-anak yang beranjak remaja, Facebook adalah suatu kreasi, dunia, norma dan masalah baru. Generasi-generasi seperti ini akhirnya tidak mengetahui arti dari persahabatan atau pertemanan yang sesungguhnya.

Dr Gwenn O'Keefe, seorang pediatrician sekaligus penulis di CyberSafe menjelaskan bahwa siapa saja yang sudah 'kecanduan' Facebook hanya mengetahui apa arti komunikasi dan sosial di dunia maya saja. Ketika mereka dihadapkan dengan dunia nyata, mereka akan kebingungan karena waktunya habis untuk beraktivitas di dunia maya.

Mayoritas tidak tahu apa yang harus dilakukan atau topik pembicaraan apa yang harus dibangun ketika berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata. So, jawaban tetap ada di tangan pengguna situs jejaring sosial.

Apakah sosial media seperti Facebook, Twitter atau lainnya tersebut secara tidak langsung membuat orang kehilangan 'sifat manusianya' atau bahkan menjadi jalan untuk saling menumbuhkan rasa kebersamaan.
 
Sumber:  http://www.jelajahunik.us/2012/11/bahaya-facebook-twitter-atau-jejaring.html

{ 2 comments... read them below or add one }

zookdee mengatakan... Reply Comment

Betul sob, terima kasih sudah berbagi informasi

Anonim mengatakan... Reply Comment

2015-9-24 xiaozhengm
coach factory outlet
Michael Kors Handbags Factory Outlet
ugg boots outlet
Louis Vuitton Outlet Factory Online
hollister
cheap jerseys
canada goose outlet usa
air max 95
burberry outlet
michael kors uk
celine bag
Michael Kors Online Store Outlet
Kobe Basketball Shoes For Sale
nike free run 2,nike free runs,nikes,nike air max 95,nike high tops,air force 1,nike pegasus
uggs on sale
Louis Vuitton Backpack Purse
ralph lauren uk
michael kors bags
Authentic Montblanc Pens Sale Online
Michael Kors Outlet Sale Online Store
Hollister Shirts For Women
louis vuitton
ugg boots on sale
Louis Vuitton Neverfull GM Monogram
Ray Ban Outlet Store Online
Nike Lebron James Shoes For Sale
Discount Clearance Coach Outlet Handbags
Michael Kors Outlet Online USA Stores
Coach Coupons In Coach Outlet Store Online
toms
Cheap Real Louis Vuitton Handbags
UK Louis Vuitton Handbag Outlet
fitflops
Michael Kors outlet Sales Big Discount
Authentic Coach Factory Outlet Online
Louis Vuitton Bags On Sale Cheap
ugg boots

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih