ARSIP BLOG

Fakta Seputar Natal

Posted by Bhernadin Erryco on Selasa, 25 Desember 2012



1.      Lagu Natal Malam Kudus pertama kali dinyanyikan dengan iringan gitar dalam sebuah kebaktian gereja di Austria. Gitar digunakan karena organ gereja setempat sudah sangat berkarat sehingga tidak dapat dimainkan.
2.      Lampu listrik sebagai hiasan pohon Natal pertama kali digunakan pada 1895. Ide ini dicetuskan oleh seorang Amerika, Ralph E. Morris. Lampu baru ini terbukti lebih aman daripada lilin yang biasa dipakai sebelumnya.

3.      Di Amerika Utara, anak-anak biasa memasang kaus kaki pada saat Natal. Adapun anak-anak Belanda menggunakanya sepatu; biasanya sepatu kayu yang disebut sabot.

4.      Di Armenia, makanan khas pada Malam Natal terdiri atas ikan goreng, selada dan bayam. Hidangan ini dinikmati setelah kebaktian Malam Natal untuk mengenang makan malam yang dilakukan Maria pada malam menjelang kelahiran Kristus.

5.      Saat mengunjungi Finlandia, Sinterklas meninggalkan kereta luncurnya dan menunggangi seekor kambing bernama Ukko. Menurut cerita rakyat setempat, Ukko terbuat dari jerami, namun toh cukup kuat untuk ditunggangi Sinterklas.



6.      Di Amerika Serikat ada dua kota yang dinamai Santa Claus. Yang satu berada di negara bagian Indiana; yang satu lagi di Idaho.

7.      Lagu Jingle Bells ditulis pertama kali sebenarnya untuk merayakan Hari Ucapan Syukur. Lagu itu digubah pada 1857 oleh James Pierpoint, dan semula berjudul One Horse Open Sleigh.

8.      Mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, alergi terhadap pohon Natal.

9.      Perangko pertama yang diterbitkan secara khusus untuk menyambut Natal bergambar bunga mawar. Perangko itu dijual pada 1937 di Austria, di mana bunga mawar kertas merupakan hiasan khas pada hari Natal.

10.  Pada 1647, parlemen Inggris menetapkan undang-undang yang melarang perayaan Natal. Pesta Natal dianggap ilegal oleh pemimpin golongan Puritan, Oliver Cromwell, yang memandang keramaian dan kegembiraan pada hari yang semestinya kudus dan khidmat itu sebagai tindakan asusila. Larangan ini berakhir pada saat Cromwell lengser pada 1660.
11.  Bayi di palungan dan berbagai hiasan yang menggambarkan peristiwa kelahiran Kristus di Betlehem sudah dipakai dalam kebaktian gereja sejak abad-abad pertama. Gambar Kelahiran Kristus tertua, berasal dari sekitar 380 Masehi, berupa hiasan dinding di ruang pemakaman keluarga Kristen di Katakombe St. Sebastian, Roma, ditemukan pada 1877.

Sumber 

{ 0 comments... read them below or add one }

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih