ARSIP BLOG

Peraturan Permainan Sepak Bola

Posted by Bhernadin Erryco on Selasa, 11 Desember 2012

Peraturan di dalam sepak bola begitu ketat dan banyak, jika tidak teliti dalam memahami peraturan tersebut kita justru akan memunculkan kontroversi di dalam menghadapi sebuah keadaan di dalam permainan. Setelah sebelumnya membahas mengenai peraturan sepak bola mengenai perlengkapan permainan pada kesempatan kali ini saya akan membahas satu lagi peraturan yang ada, lebih tepatnya peraturan mengenai permainan. Peraturan ini mencangkup banyak hal seperti posisi offside tidaknya seorang pemain, lama permainan, jumlah pemain, serta kondisi di mana sebuah gol tersebut di nyatakan sah atau tidaknya.
Dari pada berlama-lama dengan basa basinya lebih baik kita segera mengetahui peraturan sepak bola mengenai permainan ini. Berikut adalah penjelasannya.
  • Jumlah pemain
    • Sebuah pertandingan di langsungkan dengan kedua tim tidak boleh lebih dari 11 pemain termasuk penjaga gawang, sebuah pertandingan tidak dapat dilanjutkan atau di mulai jika salah satu tim memiliki kurang dari tujuh (7) pemain termasuk penjaga gawang.
    • Pergantian pemain di sebuah kompetisi/kejuaraan resmi sebanyak tiga kali pergantian dalam satu pertandingan. Di kondisi/kejuaraan tertentu dapat lebih dari tiga tergantung kesepakatan yang telah di buat di awal.
    • Prosedur pergantian pemain :
      • wasit harus di beritahu ketika akan melakukan pergantian pemain
      • pemain pengganti hanya bisa masuk ke lapangan jika pemain yang di gantikannya telah meninggalkan lapangan
      • pergantian pemain di lakukan di sisi bagian tengah lapangan permainan
      • proses pergantian pemain selesai setelah pemain pengganti masuk ke lapangan permainan
  • Durasi permainan
    • Lama permainan adalah 2x45 menit, dalam keadaan tertentu lama permainan bisa di kurangi tergantung kesepakatan yang di buat oleh kedua tim dengan wasit dan juga sesuai dengan peraturan kompetisi
    • Jeda antara babak pertama dan babak ke-dua pada dasarnya adalah selama 15 menit, namun dapat berubah tergantung dengan keputusan wasit.
  • Posisi offside
    • seorang pemain di nyatakan offside jika :
      • Berada di daerah pertahanan lawan dan sebelum orang terakhir dari pemain lawan (pemain terakhir tidak hanya kiper)
    • seorang pemain di nyatakan tidak offside jika :
      • Masih berada di setengah wilayah permainan sendiri
      • Sejajar dengan dua pemain terakhir
    • untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut : offside position
    • Seorang pemain dinyatakan offsidei jika menyentuh bola atau terlibat dalam aktif dalam permainan timnya, seperti :
      • Mengganggu permainan
      • Mengganggu pemain dari tim lawan
      • Mendapatkan keuntungan dari posisi dia berada
      • Untuk lebih jelasnya mengenai kondisi seperti ini silahkan lihat video berikut  : offence
    • Pemain tidak di nyatakan offside jika menerima bola langsung dari situasi :
      • Tendangan gawang
      • Lemparan kedalam
      • Tendangan sudut
      • Lebih jelasnya, bisa melihat video berikut ini : no offence
  • Gol
  • kondisi gol yang sah
    Kondisi sah tidaknya sebuah gol
    • Sebuah gol dinyatakan sah ketika seluruh bagian bola telah melewati garis gawang yang berada do antara kedua tiang dan mistar gawang serta tidak terjadinya pelanggaran sebelum gol tersebut tercipta
    • Tim yang menang adalah tim yang mencetak lebih banyak gol sah di bandingkan dengan lawannya. Jika kedua tim memiliki gol sah /tidak mencetak gol keadaan tersebut di nyatakan draw atau imbang
    • Untuk sebuah kompetisi yang mengharuskan memiliki pemenang di setiap pertandingannya, jika kedua tim bermain imbang selama 2x45 menit maka untuk menentukan pemenangnya dilakukan dengan cara :
      • Tim terbanyak yang mencetak gol di kandang lawan (sistem kandang tandang)
      • Perpanjangan waktu (2x15 menit tanpa jeda istirahat)
      • Adu tendangan penalti 
Demikian lah informasi peraturan sepak bola mengenai permainan yang. Semoga dengan informasi ini bisa menambah wawasan anda mengenai peraturan-peraturan yang ada di dalam sebuah pertandingan sepak bola. Akhirnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

{ 10 comments... read them below or add one }

Meng Lee mengatakan... Reply Comment


Juve Minta Tevez Turunkan Berat Badan
Agen Bola indo11.com melaporkan berita, Turin - Pemain baru Juventus, Carlos Tevez, diminta oleh klub asal Turin itu untuk menurunkan berat badannya sedikitnya enam kilogram sebelum musim depan dimulai.

Media Argentina Clarin,seperti dilansir Soccernetmelaporkan bahwa pemain 29 tahun ini dinilai terlalu gemuk sejak melakukan tes medis bulan lalu, sebelum resmi bergabung dengan La Vecchia Signora.seperti dikutip dari Indo Eleven

Pelatih Juve, Antonio Conte, telah mengingatkan Tevez terkait hal ini karena kabarnya ia amat menuntut kebugaran fisik dari para pemainnya.

Tevez resmi bergabung dengan juara Seri A musim lalu itu pada 26 Juni kemarin dengan kontrak selama tiga tahun. Biaya transfernya sebesar 10 juta poundsterling dari Manchester City, dengan tambahan klausul performa sebesar 2 juta pound .

Pesepakbola internasional Argentina ini rencananya akan ikut dalam tur Amerika Juve dan diperkirakan akan menjalani debut tak resmi melawan Everton pada 31 Juli di San Fransisco. Selain Everton, "Si Zebra" juga akan melawan L.A Galaxy, Real Madrid, Valencia, Chelsea, Inter Milan, dan AC Milan.
Sumber : www.indo11.com

sila cha mengatakan... Reply Comment

Reuni para mantan pemain Manchester United
Agen Bola Indo11.com melaporkan bahwa sekian tahun lalu, David Beckham, Ryan Giggs, Gary Neville,Phil Neville, Nicky Butt dan Paul Scholes pernah bahu-membahu untuk Manchester United. Kini mereka tampil bersama-sama lagi, bukan di atas lapangan melainkan di jalan kota Manchester.

Menurut berita yang diperoleh Indo11, reuni tidak resmi Kelas '92 United itu terjadi hari Senin (8/7/2013) lalu. Berbalut busana kasual nan santai, keenam orang itu terlihat seperti kumpulan sobat pada umumnya yang tengah jalan santai bersama-sama di pusat kota Manchester.

Bedanya, keenam orang tersebut adalah sosok-sosok yang punya koleksi sederet medali gelar juara di kancah sepakbola. Mereka juga punya setumpuk jumlah pertandingan untuk tim nasionalnya. Keenam orang itu terlihat hendak menuju Restoran & Bar Artisan di Spinningfields, untuk santap malam.

Sekadar pengingat, enam orang yang juga dilabeli 'Fergie's Fledglings', atau kira-kira Pemain Muda Fergie, itu turut berperan membantu Manchester United menancapkan dominasinya dalam sepakbola Inggris selama sekitar dua dekade terakhir. Enam pemain itu juga sudah dibina United sedari usia amat dini.

Istilah 'Fergie's Fledglings' muncul di musim 1995–96, setelah Ferguson, manajer United saat itu, memasukkan banyak pemain muda untuk menggantikan posisi para pemain senior yang sebelumnya sudah meninggalkan klub tersebut.

Di awal musim liga para pemain muda United menderita kekalahan 1-3 dari Aston Villa. Ini membuat komentator Alan Hansen melontarkan kalimat miring nan ikonik yang kelak jadi bumerang untuknya. "Anda takkan pernah memenangi apapun dengan para bocah," kritiknya saat itu.

Tim muda The Red Devils yang memiliki rerata usia 24 tahun itu pada prosesnya mampu mengejar Newcastle United, yang memimpin klasemen saat Natal, dan menuntaskan musim sebagai kampiun. Kemenangan 1-0 atas Liverpool di Piala FA membuat barisan muda United saat itu juga sukses menggondol gelar dobel, mematahkan opini Hansen.

Periode kesuksesan lalu hadir untuk United dan para pemain tersebut. Capaian Treble tahun 1999 lantas seperti jadi salah satu klimaksnya. Tampil reguler di klub, Giggs, Becham, Butt, Scholes, dan Phil dan Gary Neville, juga menikmati masa-masa indah di timnas. Mereka menjadi andalan dan mampu mencatatkan banyak caps untuk negaranya.

Seiring dengan bergulirnya waktu, keenam orang itu satu persatu-satu mulai menyudahi karirnya sebagai pemain. Di antara mereka, saat ini hanya Giggs saja yang belum resmi memasuki masa pensiun sebagai pemain profesional.

sila cha mengatakan... Reply Comment

Marquez ingin pelajari sirkuit Sachsenring
Agen Bola Indo11.com melaporkan bahwa debutan Repsol Honda, Marc Marquez lagi-lagi tidak mau sesumbar menghadapi MotoGP Jerman akhir pekan ini. Pembalap Spanyol ini mengaku hanya akan mempelajari motor MotoGP di Sachsenring, di mana ia tidak pernah melakukan uji coba dengan RC213V.

Menurut berita yang dikutip oleh Indo11, Sachsenring merupakan lintasan terpendek Eropa yang ada dalam kalender MotoGP. Di sana, Marquez sendiri telah mengoleksi tiga kemenangan di kelas GP125 dan Moto2.

"Pekan balap kami di Belanda cukup berat, namun yang terpenting adalah kami telah belajar banyak. Kami pun berhasil meraih podium dan banyak poin. Kini kami akan pergi ke Sachsenring, semoga cuacanya bersahabat!" jelas Marquez.

Pembalap berusia 20 tahun inipun mengaku akan belajar banyak bersama timnya, mengingat Sachsenring cukup pendek dan sempit.

"Akan sangat menarik melihat performa kami di Sachsenring karena sirkuit ini adalah sirkuit terkecil di MotoGP. Di Moto2 saja saya sudah merasa kecil, apalagi di MotoGP. Jadi saya akan belajar banyak dan berusaha tampil maksimal," tutupnya.

sila cha mengatakan... Reply Comment

Pedrosa mengusung misi kemenangan di Sachsenring
Agen Bola Indo11.com melaporkan bahwa usai menelan hasil kurang memuaskan di Assen, Dani Pedrosa siap bangkit pada balapan seri kedelapan yang digelar akhir pekan ini. Pedrosa bertekad meneruskan tren bagusnya di Sachsenring.

Menurut berita yang dilansir oleh Indo11, sejauh musim ini, pembalap Honda Repsol itu baru dua kali juara yakni di Spanyol dan Prancis. Sementara dalam tiga balapan terakhir, Pedrosa dua kali runner-up dan terakhir finish keempat.

Pedrosa saat ini memuncaki klasemen pembalap dengan 136 poin, unggul sembilan angka dari sang juara bertahan Jorge Lorenzo dan 23 angka dari rekan setimnya Marc Marquez.

Kesempatan Pedrosa untuk mengukuhkan posisinya terbuka lebar di Belanda. Sebab, pembalap Spanyol ini tidak terkalahkan sejak 2009.

"Sirkuit Sachsenring selalu jadi lintasan yang bagus untukku di masa lalu dan ini adalah sirkuit di mana aku selalu menikmati balapanku," ucap Pedrosa.

"Penting untuk menjaga momentum dan tampil sebaik mungkin untuk terus bersaing memenangi setiap balapan. Aku berharap kami akan mendapat perasaan bagus dan akhir pekan yang manis. Itu adalah sebuah lintasan yang pendek di mana Anda menghabiskan banyak waktu di sisi kiri tapi tikungan tercepatnya ada di kanan, jadi performa ban akan menjadi kuncinya," tutup Pedrosa.

indo vannak mengatakan... Reply Comment

Atletico Pimpin Grup G Setelah Habisi Zenit

Berita terpanas dan terbaru Bola Soccer dari Agen Bola Indo11 - Atletico Madrid memetik poin pertama di babak grup Liga Champions seusai mengatasi perlawanan Zenit 3-1 di Vicente Calderon, Kamis (19/09/2013) dini hari WIB. Dengan kemenangan itu, Atletico memimpin Grup G dengan perolehan tiga poin di atas Porto yang pada saat bersamaan menang 1-0 atas Austria Wien dan juga sukses mengklaim tripoin. Sementara Zenit harus menduduki posisi buncit grup.
Dari hasil rangkuman Agen Bola Indo11, pertandingan awal berjalan seru namun setelah pertandingan berjalan satu jam, Atletico berhasil mendominasi permainan. Tuan rumah baru membuka keunggulan saat pertandingan memasuki menit ke-40 dimana corner yang dikirim Koke sukses ditanduk sempurna oleh Miranda.
Memasuki babak kedua, Zenit perlahan bangkit hingga berhasil membuat gol penyama kedudukan berkat aksi dari Hulk. Gol bermula saat Hulk menerima sodoran dari Alexander Kerzhakov, dan penyerang Brasil itu menuntaskannya menjadi gol.
Setelah itu terjadi jual-beli serangan tetapi wakil Spanyol lebih beruntung karena pada menit ke-64, tim asuhan Diego Simeone mengemas gol kedua lewat situasi bola mati. Arda Turan yang menjadi eksekutor, berhasil menyelesaikan tugasnya dengan maksimal.
Pesta kemenangan pun ditutup saat kiper Juri Lodigin dipaksa memungut bola kali ketiga dari gawangnya melalui aksi dari Leo Baptistao. Jika tadi Arda Turan yang mencatatkan namanya di papan skor, kali ini dia memberikan assist untuk diselesaikan dengan tendangan terukur oleh Baptistao.
Sumber : http://indo11.com

som orl mengatakan... Reply Comment

Cristiano Ronaldo mencapai target gol terbanyak

Berita terpanas dan terbaru Bola Soccer dari Agen Bola Indo11-Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, kembali berprestasi mengukir rekor dunia sepak bola. Jumlah gol yang dicetak pemain asal Portugal itu kini lebih banyak satu dari legenda Los Blancos, Ferenc Puskas.
Hattrick ke-21 Ronaldo yang ditorehkan ketika Madrid menang telak 6-1 atas Galatasaray di Liga Champion menambah koleksi golnya menjadi 206 gol dari 204 laga. Sementara Ferenc Puskas tercatat mencetak 205 gol dalam jumlah pertandingan yang sama.
Dengan melihat hasil pencapaian tersebut, sejumlah media mengklaim Ronaldo sebagai pemain terbaik Madrid sepanjang masa mengalahkan senior – seniornya.Setelah meneken kontrak baru, Ronaldo bisa berkonsentrasi penuh membantu Madrid memburu La Decima. Tekanan kepadanya juga berkurang karena kini ada pemain termahal dunia pemain baru, Gareth Bale.
Menurut berita yang dirangkum oleh Agen Bola indo11 ,Ronaldo pasti bertekad menyamai rekor Puskas yang lain meski telah memenangi Liga Champion bersama Manchester United ia belum meraihnya di Madrid. Sementara itu, Puskas berhasil mempersembahkan tiga trofi Liga Champion untuk Los Blancos.
Sumber : http://indo11.com

ry chard mengatakan... Reply Comment

FIFA Tolak Wasit Asal Nigeria Karena Alasan Korup dan Tidak Objektif

Berita terpanas dan terbaru Bola Soccer dari Agen Bola Indo11 - Badan sepakbola tertinggi di dunia, FIFA, kerap melibatkan banyak elemen ketika menggelar event besar seperti Piala Dunia. Elemen yang dilibatkan salah satunya adalah wasit dan FIFA membuka pintu lebar-lebar untuk para wasit yang memiliki kualifikasi terbaik untuk dilibatkan ke turnamen sekelas Piala Dunia.
Namun, tentunya bukanlah perkara mudah untuk para wasit agar bisa mendapat kepercayaan FIFA. Bukan hanya sertifikat yang dipegang oleh sang wasit yang dijadikan patokan, tapi juga kinerja wasit saat berada di dalam atau di luar lapangan dan yang pastinya sang wasit tidak mudah dipengaruhi siapa pun.
Dari hasil rangkuman Agen Bola Indo11, hal tersebut tidak berlaku di Nigeria karena seperti yang diungkapkan oleh Direktur Jenderal Komisi Olahraga Nasional Nigeria, Hon. Gbenga Elegbeleye kalau wasit-wasit yang dimiliki Nigeria tidak akan bisa menarik perhatian FIFA. Pasalnya mereka terlalu mudah dipengaruhi dan korup serta tren yang berlaku di Nigeria yaitu Tuan Rumah Harus Menang.
Saat berada di Abuja National Stadium, Elegbeye membeberkan alasan wasit yang lebih berpihak ke tuan rumah adalah karena tim tuan rumah bakal mengantar wasit ke stadion, membawanya ke hotel dan makan bersama. Namun, ungkapan itu langsung disanggah oleh Humas Asosiasi Wasit Nigeria, Robert Akpenpuun. Menurut Akpenpuun, hal tersebut tidak disetujuinya karena saat Piala Afrika, wasit Nigeria, Peter Edibe memimpin pertandingan dan dia akan berangkat ke Piala Dunia.
Sumber : http://indo11.com

heng lida mengatakan... Reply Comment

Alat fitnes dibuat rusak olek Mamadou Sakho

Berita dari Agen Bola Terpecaya melaporkan pemain asal Prancis, Mamadou Sakho yang memiliki berat badan 82 kg dan tinggi 187 cm mampu merusak sebuah alat fitnes treadmill.
Pemain yang baru direkrut oleh The Reds, pemain berusia 23 tahun tiu harus mengikuti serangkaian tes medis pada September lalu sebelum resmi bergabung di Stadium Anfield. Ia diharuskan melakukan lari diatas treadmil menjadi salah satu tes yang harus dilaluinya. Namun, tes tidak berjalan dengan baik.
Berita yang dikutip oleh Indo11 Bola Soccer alat fitnes yang digunakan Sakho itu tiba-tiba rusak. Sakho sendiri juga membenarkan kabar tesebut yang menyebutkan ia membuat rusak alat fitnes. Setelah bergabung dengan Liverpool Sakho sudah melakukan debut pertama bersama The Reds saat menghadapi Swansea City pada September lalu.


Sumber http://indo11.com/

darany rany mengatakan... Reply Comment

City lebih kuat dari United

Agen Bola Online Indo11 melaporkan menjelang pertandingan yang bertajuk Derby Manchester antara United versus City di Stadium Etihad. Namun, manajer City, Manuel Pellegrini mengatakan mental City lebih kuat dari United.
Musim lalu City harus rela melepaskan mahkota juara liga yang sudah dipengang selama dua musim sebelumnya. Lebih tragisnya mahkota tersebut diraih oleh klun tetangga dengan 11 poin di klasemen akhir. Kendati demikian, pelatih asal Cili itu tidak takut dengan kans dari timnya untuk kembali meraih titel juara di akhir musim. Ia juga percaya mentalitas skuatntya lebih kuat dibandingan dengan Robin van Persie dkk.
Berita yang dikutip oleh Bola Soccer Indo11 Manuel Pellegrini mengatakan ia tahu apa yang terjadi di musim lalu serta duo Manchester tersebut. Namun, Pellegrini percaya anak asuhnya lebih kuat dari Setan Merah. Pertandingan yang bertajuk Derby Manchester akan dihelat di Stadium Etihad pertandingan itu akan menjadi pertandingan ke-165 untuk kedua tim di semua ajang kompetisi. MU memetik 68 kemenangan lebih banyak di banding City yang hanya 46 kemenangan. 50 pertandingan sisanya berakhir dengan imbang.



Sumber http://indo11.com/

Loraki Raki mengatakan... Reply Comment

Angel Di Maria mengungkapkan alasan tidak meninggalkan Real Madrid

Berita dari Dunia Bola Soccer Indo11 melaporkan gelandang Real Madird, Angel Di Maria kini mengungkapkan alasannya tidak meninggalka Los Blancos pada bursa transfer musim panas lalu. Padahal sebelumnya Di Maria kerap dikabarkan akan meninggalkan Los Blancos menuju ke Paris Saint-Germain.

Namun, hingga bursa transfer musim panas ditutup Di Maria masih bertahan di kubu Los Blancos. Justru rekan satu timnya Mesut Ozil pergi meninggalkan Los Blancos menuju ke Arsenal setelah mendapat pinangan dari Meriam London. Saat ini Di Maria mengungkapkan alasannya memilih tetap bertahan di El Real meskipun El Real kedatangan beberapa pemain yang berkualitas.

Berita yang dikutip oleh Agen Judi Bola Online memang saat ini persaingan demi mendapatkan tempat utama di sektor gelandangan serang Madrid tengah ketat. Meski Ozil telah meninggalkan El Real namun kedatangan beberapa pemain seperti Gareth Bale dan Isco. Di Maria tidak akan takut menghadapi persaingan yang ada dalam kubu Madrid.




Sumber http://indo11.com/


:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih