ARSIP BLOG

Foto Hoax Saat Badai Sandy

Posted by Bhernadin Erryco on Sabtu, 24 November 2012

Topan Sandy yang menerjang Amerika Serikat beberapa hari lalu turut meramaikan situs-situs berita hingga media sosial seperti Twitter, Facebook hingga aplikasi Instagram. 

Informasi yang disebarkan lewat berbagai media ini pun tak luput menyertakan foto yang awalnya diyakini merupakan foto asli.


Namun sayangnya belakangan diketahui bahwa sejumlah foto yang dimaksud hanya rekayasa belaka. Jikapun asli, foto tersebut tidak diambil saat topan Sandy menerjang.


Nah
, dari banyaknya foto 'palsu' yang beredar berikut beberapa di antaranya yang dikumpulkan oleh Discovery:

1. Foto Dramatis 3 Prajurit





Tiga prajurit menjaga sebuah makam di Arlington National Cemetry di bawah guyuran hujan. Sangat dramatis hingga media NPR memposting foto ini dan menjulukinya sebagai salah satu foto menakjubkan pada hari itu.


Tapi aslinya, foto ini diambil pada bulan September. Menyadari kelalaiannya, NPR lantas mengupdate blognya dan menjelaskan bahwa foto tersebut tidak diambil saat topan Sandy.


Bukan hanya NPR saja yang 'kecolongan'. Media lain yakni the Washington Post, the Daily Beast termasuk yang sempat memposting foto ini.


2. Awan di Manhattan




Foto ini memang asli, namun yang patut dicatat, tidak diambil saat topan Sandy menghantam. Sama seperti foto lainnya, foto tersebut sempat beredar di Twitter serta Facebook. Yang benar adalah, foto ini sudah muncul di Wall Street Journal pada 2011.


3. Patung Liberty Dihantam Ombak




Kali ini, foto yang dimaksud merupakan hasil olahan Photoshop. Dikutip dari Discovery, Jumat (2/11/2012), sejatinya foto itu adalah sebuah wallpaper yang diambil dari film tentang bencana alam, The Day After Tomorrow.


4. Suasana Mencekam di Washington Bridge




Suasana yang tercermin di foto tersebut rasanya pas menggambarkan keadaan saat topan Sandy. Namun kenyataannya, foto ini sudah ada di Getty sejak tahun 2009.


5. Awan Mengerikan Menaungi Patung Liberty




Mungkin ini adalah foto yang paling banyak beredar di media sosial. Awalnya, banyak yang percaya foto tersebut asli dan diambil ketika topan mematikan berlangsung.


Nah
, belakangan diketahui bahwa foto itu juga hasil utak atik di Photoshop yang menggabungkan foto pelabuhan New York dengan foto yang diambil oleh fotografer Mike Hollingshead pada tahun 2004.

Sumber:  http://www.jelajahunik.us/2012/11/foto-foto-hoax-saat-badai-sandy.html

{ 1 comments... read them below or add one }

Peluang Usaha Modal Kecil mengatakan... Reply Comment

Bagi anda yang ingin mempunyai penghasilan tambahan dari usaha rumahan silahkan buka Peluang Usaha Modal Kecil

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Ketentuan komentar:
- Baik dan Sopan.
- Komentar harus sesuai dengan isi postingan.
- No Spam, No Junk, No Rubbish, No Porn.
- Mudah Dimengerti.

Dimohon juga untuk Meng-Kritik atau kasih Saran buat Blog ini

Terima Kasih